Rabu, 02 Mei 2012

STRATEGIS PERAN GURU

2 komentar
Oleh :Sawiyanto,S.PdI
Kepala MTs & MAS YP. Haji Datuk Abdullah Tanjung Morawa
Ilmu dan Pendidikan adalah kebutuhan setiap insan, tanpa ilmu dan pendidikan manusia tidak akan pernah maju, tanpa ilmu dan pendidikan pula manusia akan terjerat dalam kebodohan. Salah satu unsur yang harus ada dalam pendidikan diantaranya adalah pendidik/guru, “pendidik/guru” adalah sosok manusia yang mengabdikan dirinya untuk memberikan segenap pengetahuan dan kemampuannya untuk bisa mencerdaskan orang-orang disekitarnya (dalam hal ini muridnya) atau membuat seseorang yang tidak tahu menjadi tahu atau yang tidak mengerti menjadi mengerti. Jika dilihat dari pengertian di atas, maka begitu hebat peranan seorang guru, tapi apakah guru-guru yang mengajar pada masa sekarang ini sudah menunaikan peran tersebut?.
Jika dibandingkan dengan guru-guru masa lalu, guru masa sekarang agak sedikit lebih tidak sabar. Mudah menyerah ketika dihadapkan pada masalah yang berkaitan dengan anak didiknya, baik itu masalah pelajaran, perilaku, ataupun masalah anak didik diluar sekolah. Sementara anak-anak didik pada masa sekarang merupakan anak didik modern yang kompleks dengan berbagai problema, berbeda dengan anak-anak didik pada masa lampau. Tantangan anak didik sekarang jauh lebih besar, baik itu dalam pergaulan, teknologi, dan pendidikan itu sendiri.
Melihat fenomena tersebut, berarti guru masa kini harus bisa mengikuti perkembangan anak didiknya. Tidak mungkin pemecahan guru masa lalu dijadikan patokan pemecahan masalah guru masa kini. Guru saat ini harus bisa jadi pengajar, pendidik, orang tua dan sahabat. Tidak bisa hanya menjadi pengajar dan pendidik saja, karena anak didik masa kini memerlukan sosok guru yang bisa nyaman ketika mengajar dan nyaman ketika mereka memerlukan pemecahan sebuah probelmatika.

BAGAIMANA PULA DENGAN PROBLEM GURU ATAS KUALITASNYA?. IKUTI TERUS MEDIA INI DALAM PEMBAHASAN "GURU DAN KUALITASNYA"

2 komentar:

PGMI TAMORA mengatakan...

Maju Terus Guru, Jangan Lelah dalam Bertugas

PGMI TAMORA mengatakan...

Guru, Tugasu sangat mulia

Posting Komentar

 
Perencanaan merupakan bagian penting dalam mewujudkan tujuan. Kegagalan dalam perencanaan berarti merencanakan kegagalan. Perencanaan harus berbasis pada kebutuhan atau need assessment dan berkelanjutan (Direktur Pendis Kemenag RI)